Minggu, 15 Januari 2017

Cara Jitu Memancing Ikan Siakap Kolam

Cara Jitu Memancing Ikan Siakap Kolam - Ikan Kakap putih atau biasa disebut dengan ikan Siakap adalah salah satu ikan yang kini banyak dicari oleh para pemancing. Ikan ini terkenal akan rasa dagingnya yang sangat gurih dan lezat meskipun dimasak dengan cara apapun. Ikan Siakap sering dijadikan sebagai menu utama rumah makan atau restoran ternama. Smentara bagi para pemburu ikan, ikan Siakap dikenal sebab sensasi perlawanannya yang cukup gigih sehingga memacu adrenaline. Kini arena kolam pemancingan yang menyediakan ikan Siakap sudah menyebar di berbagai penjuru dan telah menjadi obyek mancing yang asyik.

Cara Jitu Memancing Ikan Siakap Kolam

Sekilas Tentang Ikan Siakap


Ikan Siakap sudah bisa Anda jumpai di sungai maupun laut. Ikan ini tergolong dalam kelompok ikan predator dengan makanan favoritnya berupa udang-udang kecil, ikan-ikan kecil, serangga air, bahkan anaknya sendiri pun terkadang juga dimakan. Siakap mempunyai kemampuan untuk mentoleransi kadar salinitas. Ketika hendak bertelur, ikan Siakap betina biasanya akan berenang menuju sungai untuk menaruh telurnya. Setelah sudah tiba waktu menetas dan menjadi Siakap muda, mereka akan kembali lagi menuju laut.

Cara Memancing Ikan Siakap


Siakap kolam tidak begitu susah seperti seperti Siakap yang ada di laut. Sebelum melakukan kegiatan memancing, ada beberapa persenjataan yang nantinya diperlukan. Pertama dibutuhkan joran kelas PE 1-2 yang diimbangi penggunaan reel kelas 2000 - 3000. Kemudian siapkan tali senar yang kelas menengah yakni kelas 10 - 20 lbs, sedangkan bagian leader nya digunakan kelas 20 - 30 lbs. Untuk kailnya Anda bisa menggunakan ukuran 3 - 5. Sementara umpan Siakap yang kini paling sering digunakan adalah udang yang masih hidup dan telah ditancapkan pada ekor ruas terakhir.

Sesuai dengan nalurinya, Siakap menangkap mangsanya dengan cara menyambarnya secepat kilat. Selain menggunakan udang hidup, ada sebagian kecil pemancing yang lebih mengandalkan potongan pisang, anak ikan Lampan, anak katak, anak ikan Belanak, irisan ikan Kembung dan ikan Selayar sebagai sarana umpannya.

Teknik Mancing Siakap


Setiap ikan tentu memiliki teknik yang berbeda. Tetapi untuk memperoleh ikan ini Anda bisa memilih menggunakan pelampung, dasaran atau teknik casting dengan umpan udang hidup atau juga lure yang dapat menyelam agak lebih dalam. Adapun waktu yang pas untuk memancing ikan Siakap ini adalah di pagi hari.

Ketika pagi telah tiba, secara biologis makhluk hidup dalam kondisi lapar sehingga ikan ini akan sangat agresif saat memburu umpan yang telah disediakan. Siakap biasanya juga garang menyambar umpan bila kondisi air sedang pasang dimana ia akan menyusuri sungai sampai hulu guna untuk mengikuti arus pasang.

Kolam Tempat Pemancingan


Saat ini, kolam pemancingan yang menyediakan Siakap atau Kakap putih ini sudah mulai banyak bermunculan. Biasanya pemilik kolam akan menggunakan air payau sebab tempatnya tidak jauh dari laut. Siakap umumnya menggunakan sistem mancing ditimbang dimana ketika para pemancing harus membayarnya dalam hitungan perkilo. Masalah harga tergantung pada pemilik kolam. Akan tetapi harga Siakap jika di kolam pemancingan umumnya lebih mahal dibanding harga pasaran. Hal ini dapat dimaklumi sebab didalamnya terdapat unsur hiburan (memancing).

Baca juga:

Artikel Terkait

Cara Jitu Memancing Ikan Siakap Kolam
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email