Selasa, 17 Januari 2017

5 Jenis Cacing yang Ampuh Digunakan Umpan Mancing Ikan Patin

5 Jenis Cacing yang Ampuh Digunakan Umpan Mancing Ikan Patin - Ikan Jambal atau lebih sering dikenal ikan Patin adalah jenis ikan yang habitat aslinya di air tawar dan sering berada di dasar perairan. Ikan ini mempunyai toleransi yang cukup tinggi terhadap kadar asam pada suatu perairan. Ranking kadar pH pada ikan Patin ini adalah antara 5 sampai 9. Sedangkan suhu optimal yang digemari oleh ikan ini berkisar 28 hingga 30 derajat Celcius.

Di habitat aslinya, ikan Patin biasanya mencari makan di malam hari atau tergolong hewan yang aktif di malam hari (nokturnal). Makanan kesukaannya adalah udang, cacing detritus, serangga air, ikan-ikan kecil dan jenis mollusca. Hal ini tentu dapat diklarifikasikan bahwa umpan ikan Patin tidak jauh berbeda dengan makanan di habitat aslinya. Dan salah satu makanan yang juga digemari ikan Patin ini adalah umpan cacing. Dari sekian banyak jenis cacing di dunia, ada beberapa jenis cacing yang terbukti ampuh digunakan sebagai umpan mancing ikan Patin. Berikut adalah 5 Jenis Cacing yang Ampuh Digunakan Sebagai Umpan Ikan Patin.

Cacing Merah


Cacing Merah

Cacing dengan ciri warna merah darah ini mempunyai kelebihan bergerak dengan sangat cepat sehingga para pemancing terkadang akan sulit menusukkan cacing ini di kail. Keberadaan cacing merah biasa berdiam di onggokan sampah dan memiliki panjang hingga 10 cm. Untuk cacing jenis ini, disarankan untuk memakai kail nomor 1-5.

Cacing Kristal


Cacing Kristal

Panjang cacing kristal mampu melebihi cacing merah, yakni mencapai panjang 15 cm dengan warna tubuh merah kecoklatan. Cacing jenis ini sangat disarankan untuk menggunakan kail dengan \nomor 3-8. Untuk cacing kristal yang belum dewasa, Anda bisa menggunakan kail nomor 1-3.

Cacing Bayam


Cacing Bayam

Cacing jenis ini biasa hidup di tumbuhan sayur-mayur busuk. Oleh sebab itulah cacing ini dinamakan cacing bayam walaupun tidak hanya dijumpai di sayur bayam. Cacing ini memiliki panjang tubuh hingga 40 cm dengan ciri warna tubuhnya merah pucat. Karena jenis cacing ini cukup besar, maka kail yang digunakan pun juga ikut menyesuaikan yakni dengan nomor 5-12.

Cacing Fosfor


Cacing Fosfor

Jenis cacing yang ampuh sebagai umpan ikan Patin selanjutnya adalah cacing Fosfor. Cacing ini tidak hanya digemari oleh ikan Patin saja, akan tetapi ikan-ikan air tawar lainnya juga sangat menyukai jenis cacing ini. Cacing fosfor mempunyai ciri warna tubuh merah namun agak sedikit cokelat dan terdapat kilauan warna fosfor sesuai namanya. Memiliki panjang tubuh hingga 30 cm, gerakan cacing ini juga cukup lincah dan mampu bertahan hidup lebih lama ketika berada di dalam air. Meski sudah berada di kait kail selama 1 jam, cacing ini masih mampu untuk bergerak sehingga akan menarik perhatian ikan Patin. Untuk nomor kail yang digunakan Anda bisa menyesuaikan sendiri dengan ukuran cacing.

Cacing Tanah


Cacing Tanah

Cacing tanah juga terbukti ampuh untuk menarik perhatian ikan Patin. Cacing jenis ini memiliki ruas-ruas tubuh yang terlihat jelas dan memilik warna tubuh hitam hingga abu-abu. Cacing tanah biasanya banyak dijumpai di tanah dengan ciri terdapat lubang. Cacing ini merupakan jenis cacing terbesar sehingga kail yang digunakan juga harus besar, yakni bernomor 5-12.

Baca juga:

Artikel Terkait

5 Jenis Cacing yang Ampuh Digunakan Umpan Mancing Ikan Patin
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email