Minggu, 15 Januari 2017

Contoh Umpan Mancing Ikan Baung Sungai Paling Ampuh

Contoh Umpan Mancing Ikan Baung Sungai Paling Ampuh - Siapa tidak kenal dengan ikan yang satu ini. Ikan Baung sudah sangat populer dikalangan para  pemancing. Selain memiliki rasa daging yang gurih, ikan Baung memiliki ciri khas berupa kumis dibagian mulutnya. Sensasi ketika bertarung dengan ikan ini membuat para pemancing ketahigan akan kemampuannya.

Contoh Umpan Mancing Ikan Baung Sungai Paling Ampuh

Ikan Baung adalah ikan asli Indonesia yang hanya ada di beberapa titik perairan sungai di Pulau Jawa, Kalimantan dan Sumatera. Ikan ini memiliki beberapa nama lain tergantung pada daerahnya seperti ikan Sengol di Jawa barat, ikan Patik di Kalimantan Selatan, ikan Beong sebutan yang diberikan oleh penduduk Jawa Tengah,  dan beberapa nama lainnya. Ikan ini yang terkenal cukup gigih ini biasanya diberi umpan berupa Kucur guna untuk memperolehnya.

Jenis Umpan Ikan Baung


Kucur adalah salah satu jenis umpan ikan Baung yang sangat populer sebab baunya yang sangat tidak sedap. Di samping itu, ternyata bau busuk tersebut sangat ampuh dalam hal mendaratkan ikan Baung ini.

Kucur sendiri merupakan resep umpan ikan Baung yang diracik juga menggunakan daging ikan Baung kemudian dicampurkan jeroan kambing atau usus ayam, setelah itu dibentuk berupa gumpalan kapas sebagai bahan fillernya. Ketika semua bahan sudah dicampur, barulah dimasukkan dalam sebuah wadah yang tertutup rapat. Ramuan ini biasanya akan terjadi fermentasi dengan cara dikubur dalam tanah. Setelah beberapa hari, ramuan ikan Baung siap untuk digunakan.

Kisaran Harga Umpan Mancing


Sebagian pemancing mungkin tidak mampu berlama-lama memancing saat ditemani kucur ini, belum lagi ketika kita melakukan proses pengolahan sendiri. Tetapi kini pemancing tidak perlu lagi bersusah payah untuk mengolahnya sendiri, sebab ada beberapa toko / tempat pakan ikan yang telah menyediakan umpan kucur siap pakai ini. Biasanya, dengan merek Kucur Mania ramuan ini sudah bisa diperoleh para pemancing dengan kocek sebesar Rp.25 ribu saja. Umpan praktis Kucur Mania ini sudah dikemas dalam bungkus dengan berat -+150 gram.

Lokasi Memancing Ikan Baung


Beralih tentang spot memancing, ikan Baung sangat gemar berdiam di lubuk-lubuk sungai yang airnya cukup dalam dan biasanya mereka akan membuat liang di dasarnya. Ikan ini berkerabat dekat dengan lele-lelean (catfish) yang lain juga termasuk hewan nokturnal (aktif di malam hari). Agar bisa mendapatkan tangkapan ikan Baung dengan jumlah besar, maka waktu yang tepat untuk memancing adalah ketika malam hari. Di malam hari, ikan Baung lebih dominan mengandalkan indra penciumannya dibanding indra penglihatan. Untuk itu salah satu umpan yang mujarab untuk memperoleh ikan ini adalah Kucur sebab memiliki aroma yang super busuk.

Sebenarnya Umpan Mancing Ikan Baung Sungai tidak hanya kucur saja. Hal ini dikarenakan baunya yang sangat menyengat sehingga sebagian para pemancing beralih memilih umpan yang lain seperti udang, daging keong, cacing, kodok, ulat daun pisang bahkan ada juga yang menggunakan jangkrik atau belalang. Akan tetapi umpan yang paling ampuh tetap saja umpan Kucur.

Baca juga:

Artikel Terkait

Contoh Umpan Mancing Ikan Baung Sungai Paling Ampuh
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email