Jumat, 13 Januari 2017

Contoh Umpan Ikan Bawal Babon yang Efektif

Contoh Umpan Ikan Bawal Babon yang Efektif - Ikan Bawal air tawar memang terlihat mempunyai fisik yang mrip dengan ikan Bawal air laut. Ikan yang memiliki nama latin Colossoma macropomum ini umumnya berada di perairan Indonesia yang diintroduksi ke perairan air tawar dan awal didapat dari Brazil, Amerika Selatan, sebab habitat aslinya adalah di sepanjang sungai Amazon.

Awalnya ikan Bawal ini tergolong ikan hias di akuarium, tetapi karena pertumbuhannya yang begitu cepat disertai rasa dagingnya yang gurih maka tak jarang orang berlomba-lomba untuk mendapatkan ikan ini untuk dijadikan bahan pangan.

Contoh Umpan Ikan Bawal Babon yang Efektif


Sedikit Kisah Ikan Bawal Sebelum Jadi Babon


Ikan ini sebenarnya adalah termasuk salah satu ikan yang banyak dikembangbiakkan di kolam-kolam budidaya. Selain itu, ikan ini juga sudah menyebar diberbagai kolam-kolam pemancingan. Ikan yang memiliki karakter pemakan yang rakus ini sangat menyukai segala umpan yang telah disediakan oleh petugas budidaya maupun pemancing.

Di habitat aslinya, ikan ini biasa memakan makanannya yang berupa zooplankton (ikan Bawal anakan) udang-udangan, ikan-ikan kecil, fitoplankton, serangga air dan tumbuhan air. Sementara pada ikan Bawal yang dibudidayakan umumnya diberi pakan berupa pelet yang dikombinasikan dengan bahan pakan lain.

Ketika Anda sedang memancing di kolam pemancingan, para pemburu ikan ini akan berharap agar dapat memperoleh ikan Bawal Babon yang beratnya mencapai 3 sampai 4 kg. Sebenarnya memancing dengan target ikan Bawal Babon ini bisa dibilang susah-susah gampang, karena ada beberapa umpan yang cukup mujarab untuk nantinya dapat dijadikan umpan. Biasanya para pemancing akan menggunakan umpan-umpan ini agar target mendapat ikan Bawal Babon mereka tercapai.

Contoh Umpan Ikan Bawal Babon yang Efektif


- Usus ayam yang dirajang kecil-kecil.
- Irisan daging ikan salmon segar.
- Belalang yang telah di buang kakinya.
- Tempe segar yang sudah dipotong dadu.
- Cacing kalung, umumnya hidup di tempat pembuangan sampah atau bisa juga di bawah gedebog batang pisang yang sudah membusuk.
- Kepiting Apu yang sudah dipotong.
- Tahu putih segar yang telah diblender dan dicampur dengan tepung ketan secukupnya sebagai pengeras setelah itu dikukus sampai matang.
- Jamur merang yang sudah dihaluskan lalu sangrai dan jangan lupa tambahkan keju cair, Weisman dan sebagai pengeras taburkan tepung ketan.
- Daging ayam yang sudah diiris kecil-kecil, ditusuk seperti sate ayam lalu bakar setengah matang sampai keluar minyak.
- Ulat pohon pisang yang telah berubah menjadi kepompong.
- Daging ikan Jaer yang sudah dipotong kecil-kecil.
- Kluwek yang sudah dipotong-potong menjadi 8 bagian.
- Udang air tawar berukuran sedang.
- Daun singkong, atau bisa juga daun kangkung.
- Pepes ikan lele.
- Nasi hangat yang sudah ditaburi sedikit masako, diuleni dengan tangan dan bentuk bulatan kecil-kecil seperti kelereng.
- Kacang mede yang sudah disangrai, dihaluskan dan jangan lupa ditambahkan ovalet dan Weisjman.
- Pelet Jitu yang sudah dicampir dengan essen udang atau essen tuna.
- Bangkai ayam yang didiamkan dengan taburan santan Kara.
- Anakan ikan Mas.
- Larva capung (nimfa).
- Dadih darah sapi yang sudah dikukus dan dipotong dadu.
- Anakan katak.

Umpan-umpan diatas adalah beberapa Contoh Umpan Ikan Bawal Babon yang cukup efektif dan biasa digunakan oleh kebanyakan pemancing ikan Bawal Babon.

Baca juga:

Artikel Terkait

Contoh Umpan Ikan Bawal Babon yang Efektif
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email