Jumat, 13 Januari 2017

Contoh Umpan Memancing Ikan Patin Sungai

Contoh Umpan Mancing Ikan Patin Sungai - Ikan Patin memang sering digunakan banyak orang sebagai target memancing ketika di sungai. Ikan yang biasa aktif di malam hari ini umumnya hidup di dasar perairan dan suka membuat lubang untuk dijadikan tempat persembunyian. Secara alami ikan Patin ini biasa memakan ikan-ikan yang lebih kecil dari ukuran tubuhnya seperti udang, mollusca air tawar, dan juga tumbuhan air. Tetapi tak jarang jika ikan Patin ini juga gemar memakan segala.

Waktu yang paling tepat untuk memancing ikan Patin ini saat malam hari tiba sebab hewan ini tergolong hewan nokturnal atau aktif dimalam hari. Selain menggunakan umpan yang biasa dimakan di alam, Anda juga dapat membuat ramuan umpan Patin sendiri. Berikut adalah Contoh Umpan Memancing Ikan Patin Sungai yang paling efektif.

Contoh Umpan Memancing Ikan Patin Sungai

1. Umpan ikan Patin dengan Kelapa + Tempe

Pertama, sediakan 2 papan tempe yang masih segar (cirinya jika dipegang akan terasa hangat), 1 butir kelapa tua (boleh yang sudah berkecambah), dan essen pisang secukupnya.

Cara pembuatan : Ambil santan kelapa dengan cara diparut, kemudian tambahkan air bersih. Haluskan tempe menggunakan mesin diblender agar menjadi halus. Selanjutnya tuangkan santan tadi ke tempe yang sudah lumat dan aduk sampai merata. Setelah itu, adonan umpan ini dimasukkan ke dalam botol bekas minuman ringan contohnya botol Coca-Cola. Jangan lupa isi setengah botol saja dan tutup rapat. Tunggu sampai kurang lebih 3 hari agar menjadi fermentasi. Setelah 3 hari ramuan umpan ikan Patin ini siap digunakan. Ambil sedikit dan tambahkan beberapa tetes essen pisang. Umpan pun siap untuk dilempar.

2. Umpan ikan Patin dengan Patin Susu Keju

Yang kedua, bahan-bahan yang harus disediakan adalah 2 blok kecil keju, 1 sachet susu full cream, 2 helai daun serai dan fermipan.

Cara pembuatan : Ambil daun serai dirajang kecil-kecil bersama bahan lain, lalu dimasukkan ke dalam blender untuk dihaluskan. Kemudian adonan dimasukkan ke dalam botol plastik bekas minuman ringan yang kondisinya bersih dan tidak meninggalkan bekas rasa. Tunggu antara 5 hari sampai 2 minggu sampai terjadi fermentasi. Penggunaan ramuan umpan ini akan maksimal jika dikombinasikan dengan roti tawar yang dipotong kotak-kotak. Setelah itu lumuri roti dengan ramuan tersebut, kemudian oleskan juga pasta pandan atau stroberi. Umpan memancing ikan Patin siap untuk digunakan.

3. Umpan ikan Patin dengan Patin roti

Untuk umpan yang terakhir ini Anda cukup menyediakan roti tawar beberapa lembar, lalu masukkan kedalam blender dan jangan lupa ditambahkan air. Ingat, ketika blender jangan sampai terlalu encer sebab jika terlalu encer adonan akan sulit dikepal untuk dipasangkan ke kail. Ketika akan siap digunakan, jangan lupa juga tambahkan essen pandan, stroberi, atau pisang.

Baca juga:

Artikel Terkait

Contoh Umpan Memancing Ikan Patin Sungai
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email