Sabtu, 14 Januari 2017

Cara Membuat Umpan Mancing Ikan Mas dalam Lomba

Cara Membuat Umpan Mancing Ikan Mas dalam Lomba - Ikan Mas adalah salah satu jenis ikan yang memiliki sirip yang khas, yakni berwarna keemasan, berbeda dengan ikan lainnya. Ikan ini memang menjadi daya tarik sendiri bagi para pemancing karena dibutuhkan teknik yang jitu untuk bisa mendapatkannya.

Saat ini, sudah banyak pemilik kolam yang suka mencampurkan ikan Mas ke dalam kolam pancing yang dikelolanya. Salah satu lomba paling populer yang menggunakan ikan ini adalah lomba mancing Galatama ikan Mas. Untuk itu, bagi para pemancing tentu saja harus dibekali skill dan pengalaman yang tinggi agar bisa menjadi juara dalam kompetisi tersebut.

Cara Membuat Umpan Mancing Ikan Mas dalam Lomba

Sekilas Penjelasan Mengenai Ikan Mas


Ikan Mas merupakan jenis ikan yang rakus akan makanan. Ikan berwarna indah ini sangat gemar mengubek-ubek dasar perairan untuk mencari makan. Makanan alaminya biasanya terdiri dari tanaman air, udang, keong, cacing, lumut, kerang-kerangan, larva dan juga hewan-hewan kecil lainnya.

Sementara pakan buatan yang bisa diberikan dalam kolam pembudidayaan Ikan Mas biasanya berupa sisa-sisa makanan. Tips utama dalam pembuatan umpan buatan yang bisa Anda coba adalah dengan meniru aroma maupun bentuk makanan alaminya. Umpan-umpan seperti ini terbukti ampuh mampu mendapatkan ikan Mas dengan sangat mudah. Jika resep umpan ikan Mas dinilai gagal, biasanya para pemancing akan beralih pada umpan lainnya hingga target mendapatkan ikan Mas sesuai dengan keinginan.

Agar ikan Mas dapat tertarik dengan umpan yang kita pasang, kita juga harus pandai-pandai membuat resep umpan yang hampir sama dengan makanan alaminya. Tetapi karena ingin untuk mendapatkan hasil pancing lebih banyak lagi, maka beberapa pemancing terus mencoba untuk meracik berbagai umpan baru dengan aroma khas seperti ditambahkan aroma telur, keju, susu dan mentega. Tujuannya hanya satu yaitu dapat memperoleh ikan Mas dengan jumlah yang banyak.

Ciri Khas Makanan Ikan Mas 


Ikan Mas memiliki cara makan yang khas yakni membuka mulutnya sampai lebar yang kemudian dihisap layaknya mesin penyedot debu. Oleh karena itu, dengan tekstur umpan yang lembut atau berbentuk butiran-butiran kecil sangat pas jika diberikan untuk ikan Mas. Akan tetapi jika selera makannya sedang tinggi, apapun yang ada didepannya pasti akan ia lahap. Setelah dicicipi dan dirasa sesuai maka akan ditelan, namun jika dirasa belum sesuai maka akan disemburkan kembali.

Ikan Mas memang tergolong ikan yang cukup galak dalam urusan makanan di pagi hari, tepatnya ketika cahaya matahari mulai bersinar, begitu juga menyongsong senja hari. Sehingga dapat disimpulkan kalau waktu-waktu itu dapat kita manfaatkan sebagai patokan kapan Ikan Mas selera makannya tinggi.

Dan berikut adalah Cara Membuat Umpan Mancing Ikan Mas dalam Lomba Galatama. Umpan yang terbukti paling ampuh adalah dengan memakai daging ikan mas sendiri atau bisa juga dengan daging belut. Hal pertama jika Anda memakai umpan daging ikan Mas yaitu mengeluarkan isi perut ikan Mas termasuk juga insangnya, kemudian dikukus sampai matang. Dan bila Anda memakai umpan daging belut maka Anda cukup tempatkan dalam plastik bening, lalu tambahkan satu lembar daun pandan dan juga daun serai, setelah itu kukus hingga matang.

Baca juga:

Artikel Terkait

Cara Membuat Umpan Mancing Ikan Mas dalam Lomba
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email