Minggu, 22 Januari 2017

Tips dan Umpan Jitu Mancing Belut

Tips dan Umpan Jitu Mancing Belut - Belut merupakan salah satu jenis ikan konsumsi yang kaya akan protein didalamnya. Belut juga sangat lezat dan gurih meski dimasak dengan cara apapun. Jenis ikan yang bernama ilmiah Monopterus albus ini habitatnya berada di daerah perairan tawar namun juga dapat hidup didalam air terbatas kadar oksigen. Selain itu, ikan ini juga mampu bisa bertahan dengan di dalam lumpur dengan membenamkan diri. Dalam segi makanan, belut dikategorikan sebagai ikan carnivora atau pemakan daging. Makanan kesukaannya biasa berupa udang, ikan-ikan kecil, keong dan juga jenis-jenis cacing.

Tips dan Umpan Jitu Mancing Belut

Ulasan Singkat Tentang Belut


Secara umum, Belut bertempat tinggal di daerah perairan berlumpur seperti saluran irigasi, area persawahan, parit dan juga di tepi sungai. Belut sawah umumnya memiliki ukuran tubuh yang kecil dan ramping, berbeda dengan Belut yang ada di laut, mereka biasanya memiliki ukuran besar.

Memancing belut terbesar dapat kita lakukan dengan memilih lokasi di kawasan tepi sungai. Setidaknya pemancing juga harus kenal dahulu dengan lubang-lubang yang ada di tepi sungai sebelum melakukan aktifitas memancing. Adapun ciri-ciri lubangnya yaitu memiliki mulut lubang berbentuk bulat dan rapi. Bila mulut lubang bentuknya pipih atau berantakan biasanya penghuni didalamnya adalah kepiting. Selain itu, lubang pada belut akan terdapat banyak air, namun tak jarang kalau air didalam lubang itu naik turun.

Peralatan Mancing


Saat ini banyak kios peralatan memancing telah menyediakan alat pancing khusus untuk belut. Namun jika Anda tidak memiliki banyak uang, Anda juga bisa membuatnya sendiri dengan memanfaatkan kawat baja yang ada pada lapisan dalam ban bekas atau bisa juga kawat dari telpon. Alat pancing dari kawat baja biasanya memiliki tekstur yang lentur tetapi sangat kuat dan tidak mudah bengkok. Bisa juga menggunakan kail yang ukurannya agak besar akan mampu menahan beban yang lebih berat. Sementara panjang yang sering dipakai para pemancing belut adalah sekitar 50 cm atau menyesuaikan dengan kedalaman spot tempat pemancingan.

Umpan dan Cara Memancing


Pasangkan umpan yang digemari belut seperti berudu atau katak kecil, ikan-ikan kecil, cacing tanah atau daging siput. Masukkan umpan secara perlahan sembari diputar-putar agar umpan dapat masuk lebih dalam. Selnjutnya tinggal menunggu samapi umpan disambar. Setelah itu tarik belut ke lubang lebih dalam, tunggu beberapa saat hingga umpan masuk seluruhnya ke mulut belut, baru kemudian tali pancing ditarik dengan perlahan sampai kepala belut muncul ke atas. Setelah muncul baru tangkap belut dengan metode capit agar tidak mudah lepas.

Baca juga:

Artikel Terkait

Tips dan Umpan Jitu Mancing Belut
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email