Selasa, 24 Januari 2017

Membuat Umpan Mancing Ikan Mas Sendiri

Membuat Umpan Mancing Ikan Mas Sendiri - Umpan adalah satu komponen yang sangat penting sekaligus penentu berhasil tidaknya dalam memancing. Dari sekian banyaknya species ikan air tawar tentu umpan yang dipakai pun juga beragam. Sehingga pengalaman dan pengetahuan akan sangat diperlukan agar dapat memilih umpan yang sesuai untuk memburu ikan target, contohnya ikan Mas.

Ikan ini tergolong pemakan segala ikan Omnivora sehingga baik tumbuhan maupun daging akan dilahap oleh ikan Mas ini. Di habitat aslinya ikan Mas gemar sekali memangsa berbagai binatang kecil serta tumbuhan yang ada contohnya lumut dan berbagai macam cacing.

Membuat Umpan Mancing Ikan Mas Sendiri

Sedikit Ulasan Tentang Ikan Mas


Ikan Mas dimasukkan dalam jenis ikan yang kerap dibudidayakan masyarakat. Jika di kolam budidaya, ikan ini biasanya akan diberi makan berupa pelet. Di habitat aslinya, ketika mencari makan ikan mas akan hidup berkelompok dan kebanyakan dari mereka menyukai perairan yang mengalir. Karenanya penentu lokasi yang tepat untuk mancing ikan Mas ini adalah di perairan dekat saluran pemasukan air atau bisa juga dibawah pancuran air.

Ikan konsumsi ini memiliki struktur mulut yang mampu menyedot makanan. Tetapi jika dirasa tidak cocok maka justru akan dimuntahkan lagi. Oleh karena itu ketika memancing ikan ini disarankan untuk memakai mata pancing yang ujungnya tajam dan tidak mudah patah. Dengan begitu pemancing tidak usah lagi menggentak joran saat strike.

Ikan Mas juga mempunyai kebiasaan suka menyibak-nyibak substrat dasar kolam untuk mencari makan. Biasanya hal ini ditandai dengan adanya gelembung udara yang muncul ke permukaan air. Karenanya hal tersebut bisa menjadi petunjuk untuk menentukan spot mancing ikan Mas.

Membuat Umpan Mancing Ikan Mas Sendiri


Selain cacing dan lumut, Anda juga bisa membuat umpan sendiri untuk memancing ikan Mas ini. Biasanya sebagian pemancing akan menggunakan beberapa umpan mancing ikan Mas sederhana dibawah ini:

Umpan Ikan Mas 1

Siapkan dulu bahan-bahannya : 1/2 tutup botol essen, 1 ons pelet merek Kingkong dan air secukupnya. Cara membuatnya yaitu dengan memasukkan pelet ke kantong plastik bening berukuran 1/2 kg, kemudian tuangkan essen. Tambahkan air secukupnya dan juga adonan diremas-remas dalam plastik sampai kalis. Umpan pun siap digunakan.

Umpan Ikan Mas 2

Umpan ikan Mas yang kedua ini biasa disebut dengan umpan Kuning. Sebelumnya siapkan dulu bahan-bahan yang akan digunakan : 3 sdm pelet merek Kingkong, 1 butir telur ayam, 3 tetes essen Probait, 1/2 kaleng Deho 15 tetes essen dan air seperlunya.

Cara meramunya cukup mudah : Pertama masukkan dulu pelet ke dalam kantong plastik berukuran 1 kilo. Kemudian masukkan telur ayam, dan diremas-remas sampai merata. Selanjutnya tuangkan air secukupnya dan diremas-remas lagi sebentar. Setelah itu tinggal dikukus selama -+ 15 menit. Sesudah adonan dingin, baru dimasukkan essen dan Deho, lalu remas-remas sebentar hingga tercampur rata. Umpan pun siap mencetak strike.

Baca juga:

Artikel Terkait

Membuat Umpan Mancing Ikan Mas Sendiri
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email