Senin, 23 Januari 2017

Cara Memancing Ikan Tenggiri Agar Dapat Banyak

Cara Memancing Ikan Tenggiri Agar Dapat Banyak - Ikan Tenggiri termasuk dalam kategori ikan pelagis atau ikan yang sering menghabiskan waktunya di permukaan air. Ikan konsumsi ini terkenal dengan kecepatannya yang super cepat saat di dalam air. Dan salah satu teknik memancing ikan Tenggiri adalah dengan menggunakan teknik ngoncer. Namun ada juga sebagian pemancing yang menggunakan teknik trolling. Biasanya para pemancing akan menggunakan ikan Kembung yang masih hidup sebagai umpannya.

Cara Memancing Ikan Tenggiri Agar Dapat Banyak

Cara Memasang Umpan


Supaya umpan tetap hidup, maka ada teknik tertentu agar umpan saat dipasang di kail tidak gampang mati. Sementara untuk memancing ikan Tenggiri digunakan kail berukuran 5 sampai 7. Dan untuk perambutnya bisa dengan kelas 80 pounds hinga 120 ppunds. Pada saat tidak memakai wire Leader, Anda juga bisa menggunakan mono Leader yang antara 60 pounds hingga 120 pounds.

Menabur Umpan Chumming


Dan agar umpan ikan Tenggiri selalu berkelompok di satu titik saja, maka caranya bisa menggunakan umpan chumming untuk ditebarkan. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan ikan kembung yang sudah mati untuk memancing respon dari ikan Tenggiri. Tipikal ikan Tenggiri sendiri biasanya akan menyambar mangsanya dengan cepat sehingga akan menyebabkan senar terulur yang cukup panjang, bahkan  hingga puluhan meter. Dan jika mendadak reel pancing berderit keras itu menandakan umpan sudah dibawa lari target. Akan tetapi seringnya hal tersebut tidak berlangsung lama karena ikan Tenggiri sendiri mudah kelelahan dan lama-lama akan kunjung melambat.

Tips Supaya Senar Gampang Tidak Putus


Sebagai antisipasi senar, Anda setidaknya telah menyetel drag dengan kekuatan 30% dari kekuatan senar. Hal ini bertujuan agar saat ikan Tenggiri membawa lari umpan, Anda tidak perlu panik kalau senar pancing akan putus. Setelah ikan Tenggiri kelelahan baru kini adalah waktu Anda untuk bertarung dengan ikan ini. Cukup dengan menggerakkan joran naik turun dan memutar memutar engkol reel, kemungkinan besar ikan Tenggiri mampu Anda daratkan.

Saat melawan ikan ini, Anda tidak perlu tergesa-gesa, cukup dengan menguasai keadaan hingga ikan Tenggiri sampai pada lambung kapal. Jika ikan Tenggiri berusaha kabur manjuahi kapal, maka Anda harus segera menaik turunkan joran sembari menggulung reel secepat mungkin. Dan bila keadaan senar menegang, Anda harus berhati-hati agar target tidak memberi perlawanan.

Ragam Teknik Memancing


Cara menakhlukkan ikan Tenggiri bisa juga menggunakan teknik trolling. Biasanya para pemancing menyebut teknik ini dengan memancing tunda yaitu memancing di atas kapal yang kecepatannya pelan. Umpan bisa langsung diulur dari belakang kapal sembari kapal dalam posisi melaju. Umpan yang sering dipakai jenisnya sangat beragam. Anda pun bisa menggunakan umpan lures (artifisial) ataupun umpan alami. Tetapi jika menggunakan umpan buatan bisa menggunakan jenis konahead atau rapala. Sedangkan untuk umpan ikan Tenggiri yang alami biasanya adalah ikan tongkol atau ikan kembung.

Ketika menggunakan cara memancing teknik trolling, maka kemungkinan umpan disambar tidak hanya ikan Tenggiri saja namun terkadang nila diangkat hasilnya malah ikan Wahu, ikan Alu-Alu, ikan Layar dan beberapa ikan lainnya.

Baca juga:

Artikel Terkait

Cara Memancing Ikan Tenggiri Agar Dapat Banyak
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email