Rabu, 25 Januari 2017

Peralatan dan Waktu Memancing Udang Galah di Sungai

Peralatan dan Waktu Memancing Udang Galah di Sungai - Salah satu spesies udang sungai yang paling terkenal yaitu udang Galah. Udang ini memiliki postur tubuh yang unik dibanding dengan ikan-ikan air tawar yang lain. Udang dengan nama ilmiah Macrobrachium rosenbergii ini biasanya akan hidup di lingkungan perairan tawar yang airnya dangkal seperti danau dan sungai.

Secara umum udang Galah mempunyai kepala yang berbentuk kerucut dengan tubuh melengkung. Kaki-kaki udang Galah berjumlah 10 sehingga dimasukkan dalam kelompok Decapoda. Tidak berbeda jauh dengan ikan-ikan pada umumnya, cara memancing udang Galah di sungai juga membutuhkan persiapan yang matang dan juga teknik tertentu.

Peralatan dan Waktu Memancing Udang Galah di Sungai

Peralatan Mancing Udang Galah


Dalam memancing udang Galah, ada beberapa tipe perlengkapan memancing yang harus dipersiapkan. Peralatan tersebut antara lain :

- Joran

Untuk joran pilih yang jenis joran sambung atau antena. Hal ini bertujuan untuk mendeteksi gerakan umpan dan juga supaya lebih sensitif. Joran juga harus memiliki ring dengan diameter kecil. Untuk panjangnya, gunakan yang ukuran 1,3 m sampai 1,8 m.

- Reel

Pemilihan Reel ini juga cukup penting, Untuk it gunakan Reel tipe spinning dengan kelas 2 lbs sampai 8 lbs.

- Senar

Gunakan line Monofilament kelas 1 lbs atau 2 lbs senar utama, dan 2 lbs-8 lbs untuk senar leader.

- Kail

Pilih juga hook khusus udang, jika tidak punya bisa menggunakan kail jenis circle hook yang tidak ada kaitnya.

- Pemberat

Sebagai pemberatnya gunakan timah yang berbentuk oval atau lonjong dan ketika pemasangan jangan lupa dipasangkan stopper. Perlu diketahui, pemilihan timah ini jangan sampai melewati berat.

- Umpan

Umpan yang paling tepat saat mancing udang Galah di sungai adalah cacing bakau, cacing tanah atau bisa juga dengan menggunakan anak udang. Sebagai umpan pengebom, siapkan kelapa bakar yang sudah di cincang kecil-kecil dan tebarkan di lokasi yang diinginkan.

Waktu yang Tepat Saat Memancing Udang Galah


Di saat air sedang pasang tinggi maupun hujan lebat merupakan wakru yang harus dihindari jika akan memancing udang Galah di sungai. Untuk itu, waktu yang paling pas adalah ketika cuaca sedang cerah atau air pasang akan mendekati surut. Karakter utama udang Galah ini bersifat agresif jika memancing di malam hari. Bila di sungai terdapat kayu-kayu yang mengapung di permukaan, pilihlah lokasi tersebut sebab udang Galah sangat menyukai tempat itu.

Ketika memancing udang Galah di sungai memang sangat membutuhkan kesabaran, tidak emosi dan juga di nikmati. Jikalau umpan sudah disambar oleh target, otomatis joran akan langsung melengkung. Namun tunggu saja dulu dan jangan langsung ditarik keras, sebab jika ditarik akan berpotensi bisa merobek mulut udang Galah.

Oleh karena itu, cobalah dengan menarik joran secara perlahan sembari memutar pegangan Reel. Saat udang Galah mampu didaratkan maka jangan langsung mengambilnya. Hal ini dikarenakan terdapat semacam tanduk yang bergerigi tajam dan jika dipegang dapat menancap di telapak tangan. Begitu juga dengan ekornya yang dilengkapi sungut tajam. Sementara capit-capit udang Galah tidak lah berbahaya jika memang tidak mengenai ujung capit.

Baca juga:

Artikel Terkait

Peralatan dan Waktu Memancing Udang Galah di Sungai
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email