Selasa, 24 Januari 2017

Tipe Peralatan Saat Mancing Ikan Tenggiri

Tipe Peralatan Saat Mancing Ikan Tenggiri - Ikan Tenggiri merupakan jenis ikan yang berkerabat dekat dengan Scombridae dan banyak ditemukan di perairan laut tropis maupun subtropis. Memiliki ciri khas daging yang gurih dan lezat, ikan ini juga mampu berenang dengan sangat cepat sehingga sering dipakai sebagai hadiah lomba memancing. Ikan Tenggiri juga terkenal akan sambaran umpannya yang rakus sekaligus ganas dan akan mempertahankan umpan yang telah berada di mulutnya. Oleh karena itulah ikan Tenggiri ini banyak digemari oleh para angler ketika mancing di laut lepas.

Tipe Peralatan Saat Mancing Ikan Tenggiri

Ikan Tenggiri mempunyai tubuh memanjang berkulit licin serta tidak mempunyai sisik selain sisik yang berada pada gurat sisi. Selain itu, ikan ini juga dilengkapi sirip punggung sebanyak dua buah namun biasanya ada juga sirip tambahan. Jika ditimbang, ikan Tenggiri memiliki berat berkisar antara 5 kilo sampai 15 kilo, akan tetapi ada seorang pemancing yang mampu mendaratkan ikan Tenggiri ini dengan berat sekitar 60 kilo.

Ikan ini memiliki mulut lebar serta taring yang tajam di bawah dan di atas, sehingga ketika menangkap mangsanya ikan ini akan mengoyak-oyaknya hingga tak tersisa. Ikan Tenggiri termasuk dalam kategori ikan perenanhg cepat. Karakter makannya pun juga buas sebagai ikan pemangsa jenis karnivora.

Salah satu teknik memancing ikan Tenggiri adalah dengan menggunakan teknik Popping. Jika didefinisikan, Popping merupakan teknik memancing dengan memakai umpan yang dinamakan popper. Popper sendiri adalah umpan yang terbuat dari kayu dan memiliki varian berat serta dilengkapi treble hook di bagian sisi depan, belakang dan juga bawah. Sementara itu, ada tipe peralatan yang cukup jitu saat mancing ikan Tenggiri ini: Peralatan tersebut meliputi:

1. Reel


Saat memancing ikan Tenggiri, disarankan untuk memakai reel spinning kelas 8000 sampai 10.000 dimana Reel tersebut mempunyai ukuran spool yang besar.

2. Joran


Pilih juga joran sambung 2 dengan panjang berkisar 2,1 m sampai 2.5 m dan memiliki ukuran ring besar sehingga kenur / senar dapat meluncur dengan cepat dan ketika menggulungnya pun juga akan mulus.

3. Kenur


Kenur atau senar yang direkomendasikan ketika memburu Tenggiri ini bisa dengan teknik Popping yakni dengan senar jenis PE kelas 6 sampai 12. Sebab jika menggunakan kenur PE akan mempermudah kita saat melempar umpan dengan jauh dan juga kapasitas kenur di reel bisa lebih banyak ketimbang.

4. Kenur Leader


Jangan lewatkan juga kenur Leader. Kenur jenis Leader ini memiliki kelas dari 80 lbs sampai 150 lbs.

5. Umpan


Selain itu komponen utama saat mancing ikan Tenggiri adalah umpannya. Seperti yang dijelaskan sebelumnya umpan yang dipakai adalah umpan jenis Popper. Penggunaan popper yang pas dapat menjadi penentu ketika sedang memancing. Penentuan umpan ini harus dilakukan oleh yang sudah ahli dan disesuaikan dengan spot mancing yang dipilih.

Baca juga:

Artikel Terkait

Tipe Peralatan Saat Mancing Ikan Tenggiri
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email