Jumat, 20 Januari 2017

Resep Umpan Mancing di Sungai yang Keruh

Resep Umpan Mancing di Sungai yang Keruh - Hobi memancing dapat kita lakukan dimana saja tergantung spot mana yang kita inginkan nantinya. Pilihannya bisa di laut yang penuh akan tantangan atau bisa juga di perairan air tawar seperti sungai, rawa-rawa, waduk empang dan danau.

Umumnya yang paling sering menjadi spot para pemancing adalah di sungai baik yang berarus deras ataupun yang tenang. Memilih spot di sungai tidak kalah mengasyikkan di banding di laut sebab di sungai juga terdapat varian pilihan target ikan yang bisa diperoleh. Sebelum menentukan spot mancing di sungai, pemancing juga harus mengetahui terlebih dulu kondisi kadar airnya.

Resep Umpan Mancing di Sungai yang Keruh

Di musim penghujan seperti saat ini biasanya air sungai akan menjadi keruh karena adanya partikel lumpur tersapu air. Ini tentu akan mempengaruhi faktor jenis umpan yang akan kita digunakan nantinya. Resep umpan yang digunakan pada sungai yang kondisi airnya keruh berbeda dengan umpan yang digunakan dengan sungai yang berair jernih. Kondisi air yang keruh ini biasanya dikarenakan oleh curah hujan yang tinggi. Selain itu erosi pada tanah juga dapat membuat air menjadi keruh. Oleh karena air sungai sedang keruh, tentu akan teknik memancing yang digunakan juga akan sedikit berbeda.

Ketika kondisi air sedang keruh, biasanya para pemancing akan menaruh kailnya ke arah pinggiran sungai yang cenderung berarus kecil. Teknik yang digunakan yaitu dengan memasang pelampung sebab ikan-ikan akan lebih suka bermain di dekat permukaan air di pinggiran sungai.

Kembali pada umpan, logikanya ketika kadar air sedang keruh ikan cenderung menggunakan indra penciuman ketimbang indra penglihatan dimana mereka akan sulit melihat sebab kondisi yang air tidak jernih. Tentunya umpan yang paling ampuh diguanakan ketika sungai sedang keruh adalah yang memiliki bau tajam baik itu wangi, amis, maupun berbau busuk. Semakin tajam aroma ditimbulkan maka kemungkinan besar ikan juga akan menyambar umpan dikala air sedang keruh. Berikut adalah beberapa Resep Umpan Mancing di Sungai yang Keruh.

Umpan beraroma wangi


Siapkah dulu bahan-bahannya : 1 bungkus paikin biru, 1 sdt Rombooter Weismanj, 5 tongkol jagung, 1 sachet susu kental manis, 10 butir kacang mede, 2 helai daun pandan segar, 4 butir kuning telur bebek, 1 kaleng Deho, 300 gram kroto, kinoy secukupnya dan 1/4 balok keju.

Cara pembuatannya : Jagung dipipil terlebih dahulu kemudian dikukus selama -+ 5 menit. Kukus juga paikin selama -+ 5 menit, akan tetapi harus dipisah dengan jagung. Selanjutnya sangrai kacang mede sebentar, dan jangan sampai gosong. Sementara untuk susu, Deho, Rombooter Weismanj, keju, kacang mede dan telur bebek semuanya diblender sampai benar-benar tercampur. Setelah itu campurkan jagung dan paikin yang sudah dikukus tadi. Lalu tambahkan juga kroto dan daun pandan dan masukkan kedalam kantong plastik, ikat dan kukus lagi selama -+ 45 menit. Setelah siap tambahkan juga kinoy, dan umpan pun siap diluncurkan.

Umpan beraroma amis


Untuk umpan yang beraroma amis, bahan-bahan yang harus Anda siapkan adalah : 4 tongkol jagung manis, keju dengan ukuran kotak korek api, 2 sendok makan tepung beras, 1 kaleng Deho, 4 butir telur bebek dan 200 gram kroto.

Cara pembuatannya : Tepung beras + jagung + telur bebek + keju diblender sampai lumat lalu dikukus selama -+ 1 jam. Kemudian tambahkan Deho dan kroto, uleni sampai semuanya tercampur merata. Resep umpan mancing sungai keruh siap diajak strike.

Baca juga:

Artikel Terkait

Resep Umpan Mancing di Sungai yang Keruh
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email