Minggu, 22 Januari 2017

Cara Membuat Pelampung Pancing Sendiri

Cara Membuat Pelampung Pancing Sendiri - Ketika memancing, pelampung adalah suatu alat yang sangat berperan penting, sebab fungsi pelampung ini yaitu sebagai penanda apakah umpan kita sudah disambar oleh ikan atau belum. Selain itu, pelampung juga berguna kalau umpan yang kita pasang di kail bergerak secara alami. Pelampung biasanya terbuat dari varian bahan misalnya fiber, gabus, kayu, karet, plastik atau ada juga yang menggunakan bulu merak. Bentuknya pun sangat beragam ada yang memanjang, membulat dan lain-lain namun fungsinya tetap sama.

Cara Membuat Pelampung Pancing Sendiri

Penentuan bentuk pelampung sendiri tergantung oleh spot yang kita tempati apakah memiliki arus kuat atau tenang. Ketika kita memancing di empang, maka pelampung yang pas digunakan adalah model panjang dengan ukuran 9 cm sampai 12 cm. Bila hendak memancing di kawasan pantai, biasanya para pemancing akan menggunakan pelampung yang modelnya bulat atau seperti gasing. Akan tetapi ketika mengikuti lomba memancing Galatama atau memancing teknik trolling di tengah laut, para pemancing biasanya lebih suka tidak memakai pelampung. Saat umpan sudah sampai dasar, baru pelampung akan mulai mengambang diatas permukaan.

Jikalau ikan yang kita pancing memiliki bobot lebih dari 1 kg, biasanya pelampung akan langsung tenggelam karena ikan tersebut akan daya tarik yang kuat. Sementara ketika memancing di malam hari, maka pelampung yang pas digunakan adalah berbentuk panjang, bila perlu bisa juga dipasangkan chemical light agar lebih mudah indra penglihat kita. Jika Anda tidak punya budget untuk membeli pelampung, berikut kami akan berbagi pengalaman tentang Cara Membuat Pelampung Pancing Sendiri.

Cara Membuat Pelampung Sederhana


1. Pertama bubut kayu yang sudah disediakan menjadi bentuk yang kita inginkan (bisa memanjang, lonjong atau oval).
2. Beri lubang pas di tengah-tengah kayu menggunakan mata bor berukuran 1.5 mm, 2 mm atau 2,5 mm sampai tembus ke bawah.
3. Selanjutnya sisipkan fiber atau lidi lurus sesuai dengan diameter lubang dan tuangkan juga lem.
4. Setelah itu baru pelampung dicat dengan warna dasar putih terlebih dahulu, kemudian baru diberikan cat melingkar atau bentuk-bentuk lain. Pelampung siap digunakan.

Membahas Cara Membuat Pelampung ini dikenal dengan sebutan stopper dan bead. Stopper berarti jenis pelampung yang berbahan dari karet terpasang di senar atas dan bawah. Fungsi stopper atas ini adalah sebagai alat ukur kedalaman air sementara pada stopper bawah memiliki fungsi sebagai mengganjal pelampung utama agar tetap di permukaan. Semakin tinggi stopper atas maka kedalaman air juga semakin dalam. Sedangkan Bead yaitu salah satu jenis pelampung yang tebuat dari bahan plastik, para pemancing biasa menyebutnya dengan istilah manik-manik. Fungsinya tidak jauh berbeda dengan stopper yakni menahan pelampung utama atau timah menggunakan lubang besar agar tetap berada di posisinya.

Baca juga:

Artikel Terkait

Cara Membuat Pelampung Pancing Sendiri
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email