Jumat, 20 Januari 2017

Resep Umpan Mancing Ikan Mas Saat Musim Hujan

Resep Umpan Mancing Ikan Mas Saat Musim Hujan - Ikan Mas adalah salah satu jenis ikan yang kini keberadaannya sudah sangat populer baik didalam negeri maupun luar negeri. Ikan yang memiliki nama ilmiah Cyprinus carpio ini sangat disukai oleh banyak orang sebagai ikan konsumsi karena memiliki citarasa daging yang gurih nan lezat. Tidak hanya rasanya, ikan Mas juga memiliki kandungan protein hewani yang tinggi sehingga bisa diandalkan sebagai pemasok kebutuhan protein didalam tubuh. Ikan Mas sangat cocok dijadikan berbagai bahan olahan, entah itu digoreng, dibakar, dipepes ataupun dipindang semua sama lezatnya. Namun hal itu tentu lebih asyik jika ikan Mas yang akan kita makan tersebut adalah ikan hasil pancingan sendiri.

Resep Umpan Mancing Ikan Mas Saat Musim Hujan

Pemilihan Spot Mancing


Dalam memancing ikan Mas Anda dapat menentukan lokasi di waduk, sungai, danau atau kolam pemancingan. Salah satu aspek penting yang perlu diperhatikan ketika hendak pergi mancing adalah faktor cuaca. Faktor cuaca atau musim ini memang memberi pengaruh besar terhadap keberadaan ikan di habitat aslinya. Biasanya cuaca akan memberikan dampak terhadap perubahan suhu/temperatur air di suatu perairan. Memancing ikan Mas di musim hujan tentu akan sedikit berbeda dengan memancing dikala matahari bersinar cerah. Begitu juga dengan umpan yang digunakan akan berbeda dengan ketika di musim kemarau.

Waktu Tepat Untuk Mancing


Ketika kondisi cuaca sedang buruk, otomatis suhu dipermukaan juga cenderung dingin di banding di dasar. Oleh karenanya kadar oksigen akan larut di permukaan air lebih yang lebih tinggi. Dengan begitu ikan Mas dan ikan-ikan lain biasanya akan bermunculan di permukaan air ketimbang di dasar. Akan tetapi setiap ikan akan mampu hidup di rentang suhu air yang bisa ditoleransinya. Ketika langit sedang berawan, ikan Mas biasanya akan lebih agresif dalam mencari makan. Begitu pula saat cuaca sedang hujan rintik-rintik, kondisi tersebut adalah waktu yang tepat untuk memancing sebab ikan Mas akan banyak bermunculan di permukaan ketimbang di dasar.

Umpan Mancing Ketika Musim Hujan


Saat kondisi cuaca sedang hujan sebenarnya bisa saja memancing ikan Mas di danau maupun sungai. Tetapi umpan yang digunakan disarankan membuat umpan dengan aroma lebih tajam sebab bau yang tajam ini mampu menarik penciuman ikan Mas sehingga umpan pun bisa disambar. Salah satu ramuan umpan ikan Mas yang bisa Anda buat sendiri adalah sebagai berikut : Siapkan mie instan, essen aroma nangka, kuning telur bebek matang, santan kelapa, kroto, keju, ubi jalar, pelet ikan Mas, susu bubuk serta daging ikan tongkol.

Cara Pembuatan Umpan Ikan Mas


Pertama-tama mie dan pelet campurkan sampai halus. Kemudian ubi jalar dan daging ikan tongkol direbus hingga matang lalu goreng ditambah campuran santan kelapa. Ubi jalar dan daging ikan tongkol ini kemudian diblender sampai lumat. Sementara pada keju diparut dan disatukan dengan semua bahan tadi. Jangan lupa tambahkan juga kroto ketika akan melempar umpan.

Saat kondisi cuaca hujan, gunakan rangkaian pancing berpelampung karena ikan Mas akan lebih aktif berada di area permukaan air untuk mencari makanan. Agar umpan tidak terseret arus sungai, gunakan juga umpan yang berukuran besar.

Baca juga:

Artikel Terkait

Resep Umpan Mancing Ikan Mas Saat Musim Hujan
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email