Minggu, 22 Januari 2017

Umpan Paling Jitu Untuk Ikan Nila Merah

Umpan Paling Jitu Untuk Ikan Nila Merah - Ikan Nila Merah termasuk salah satu ikan yang cukup populer keberadaannya. Di samping menjadi target oleh sekian banyak pemancing, ikan ini juga menjadi salah satu ikan berdaging gurih dan lezat.

Ikan Nila Merah memiliki nama latin Oreochromis niloticus dan salah satu diantaranya yang berjenis Nila varietas memiliki keunggulan warna tubuh yang menarik. Memang jika diperhatikan ikan ini sekilas mirip dengan ikan Kakap merah. introduksi yang sengaja didatangkan dari Philipina dan Thailand.

Di Indonesia sendiri yang banyak dibudidayakan adalah jenis yang berasal dari Thailand. Sama halnya dengan memancing ikan lain, penentu berhasilnya memancing  juga berasal dari pemilihan lokasi yang tepat dan pemilihan umpan yang tepat pula. Umpan yang sering digunakan oleh para pemancing biasanya akan menggunakan umpan-umpan di bawah ini:

Cacing


Cacing Merah

Ikan Nila akan suka jika diberi umpan berupa cacing. Biasanya ikan Nila lebih menyukai cacing merah, atau jika tidak ada bisa juga menggunakan cacing yang hidup di dekat debog pisang yang sudah busuk. Tetapi cacing jenis ini memiliki kelemahan yaitu gampang putus saat sudah di lempar di air.

Lumut


Lumut Sawah

Selain cacing merah, ikan Nila juga gemar dengan lumut. Ada beberapa jenis lumut yang bisa dijadikan umpan pancing ikan Nila diantaranya adalah lumut sawah dan lumut yang tumbuh di sungai. Mengapa demikian? Karena lumut-lumut tersebut biasanya akan mirip seperti rambut atau serabut-serabut berwarna hijau pekat sehingga ikan Nila akan tertarik untuk menyambarnya. Lumut ini bisa diperoleh di parit-parit ataupun area persawahan yang disekitarnya terdapat genangan air. Jika Anda menggunakan lumut sebagai umpannya maka kemungkinan besar akan mampu memperoleh ikan Nila dengan cepat jika beruntung.

Lumut jenis lain yang juga bisa dijadikan objek umpan ialah lumut yang biasa terdapat di tambak,bertekstur kasar dan berwarna hijau muda. Jika akan memakai lumut jenis ini taburi dulu dengan sedikit garam agar teksturnya lebih lunak. Tipikal ikan konsumsi ini ketika menyergap mangsanya adalah dengan cara menyedot sehingga seringkali pemancing awam jarang sekali yang mengetahui tentang hal ini karena tidak memberikan efek getaran. Oleh karenanya, pengalaman akan mengajarkan kepada kita untuk bisa mengenali apakah umpan sudah disambar oleh ikan ataukah belum.

Rebon


Rebon

Rebon adalah jenis udang yang memiliki ukuran tubuh kecil. Rebon juga bisa kita gunakan sebagai umpan ikan Nila dengan cara menusukkannya ke kail pada dekat ekornya. Perhatikan betul saat menusukkan udang ini, sebab jika salah akan terkena urat punggung sehingga udang akan mati. Penggunaan umpan udang ini bisa dengan 2 kail secara bersamaan dengan masing-masing kail 1 ekor udang.

Kroto


Kroto

Selain itu, Kroto juga termasuk jenis umpan paling jitu untuk ikan Nila merah. Sebelum memancing, pilih kroto yang masih segar dengan ciri baunya agak sedikit kecut. Cara membuatnya bisa dicampurkan dengan adonan tepung kanji. Kemudian masak sebentar sambil diaduk-aduk sampai tekstur adonan menyerupai lem. Selanjutnya adonan diambil dan biarkan mendingin. Terakhir ambil sedikit adonan dan langsung ditempelkan ke kail. Supaya lebih galak, jangan lupa ditaburi dengan sedikit kroto.

Baca juga:

Artikel Terkait

Umpan Paling Jitu Untuk Ikan Nila Merah
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email