Sabtu, 21 Januari 2017

Contoh Umpan Ikan Bawal Dikala Malam Hari

Contoh Umpan Ikan Bawal Dikala Malam Hari - Para pemancing pastinya sudah tak asing lagi dengan ikan yang satu ini. Yah, ikan Bawal adalah jenis ikan yang berkarakter garang dan juga sebagai ikan predator. Ikan ini mempunyai gigi-gigi yang kuat dan sangat tajam. Di habitat aslinya ikan Bawal lebih senang hidup berkelompok seperti halnya ikan Nila dan ikan Tawes.

Ikan Bawal dewasa beratnya bisa mencapai 20 kilo. Jika mulutnya tersangkut kail, ikan ini berusaha meloloskan diri dengan cara melompat ke udara. Oleh karena itu sensasi memancing akan sangat dirasakan jika sedang melawan ikan ini. Selain itu, gerakan dari Ikan Bawal juga cukup gesit dan bisa dikatakan sebagai ikan yang dapat mengingat rasa sakit ketika mulutnya tersangkut kail sehingga pada kesempatan lain ikan ini akan menjauhi jika ada senar di wilayah mereka.

Contoh Umpan Ikan Bawal Dikala Malam Hari

Sedikit Tentang Ikan Bawal


Ikan Bawal mempunyai bentuk tubuh yang pipih dan terdapat sisik-sisik kecil serta memiliki kepala membulat. Ikan yang harganya cukup mahal ini sering loyalitas berada di dasar perairan. Ikan Bawal memiliki kebiasaan menjelajah di berbagai lingkungan, namun jika dirasa ada lingkungan yang menurutnya nyaman dan aman maka suatu saat ia akan kembali lagi ke lingkungan tersebut.

Dalam segi makanan, ikan Bawal dalam cenderung bersifat omnivora atau memakan apapun dari jenis hewan dan tumbuhan. Sedangkan ketika remaja, mereka akan condong ke sifat karnivora yakni pemakan daging seperti udang-udang kecil, serangga air, lobster, teritip,  dan kelompok mollusca.

Tempat Mancing Ikan Bawal yang Pas


Spot yang tepat untuk memancing ikan Bawal adalah di sungai ataupun di waduk dan bisa kita lakukan dikala pagi, siang, sore maupun malam hari. Sementara umpan yang paling jitu ketika malam hari sebenarnya hampir sama dengan umpan ketika di pagi hari. Di malam hari, ikan Bawal akan cenderung memanfaatkan indra penciumannya untuk mengetahui keberadaan mangsanya. Sehingga akan lebih jitu bila kita memancing saat malam hari tiba.

Umpan yang digunakan adalah umpan yang beraroma tajam baik wangi ataupun amis. Umpan tersebut antara lain bisa dengan potongan tempe mentah, cacing paspor dan udang. Selain itu, kita juga dapat membuat resep umpan sendiri menggunakan bahan pelet yang dicampuri aroma essen beraroma tajam seperti Vanilla, Melon dan Tenggiri.

Umpan mancing Bawal saat malam hari juga ampuh jika menggunakan potongan usus ayam, potongan hati ayam dan anak lebah. Akan tetapi ada satu hal yang harus diperhatikan dikala kita memancing di malam hari dan di tempat yang sama, yaitu harus mengganti-ganti umpan. Ikan Bawal memiliki kelebihan mampu mendeteksi bila menggunakan umpan yang sudah berkali-kali dipakai. Untuk itu, gunakan kenur / senar berukuran kecil tetapi tidak gampang putus. Kemudian sambungkan dengan kenur jenis PE -+ 4 cm ke kail. Fungsi ini adalah supaya ikan Bawal tidak bisa melihat kenur ketika berada di dalam air. Sedangkan kenur yang berjenis PE tadi adalah agar kenur tidak gampang putus saat tercacah oleh gigi tajam ikan Bawal.

Baca juga:

Artikel Terkait

Contoh Umpan Ikan Bawal Dikala Malam Hari
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email