Sabtu, 21 Januari 2017

3 Umpan Jitu Untuk Mancing Ikan Patin di Kolam

3 Umpan Jitu Untuk Mancing Ikan Patin di Kolam - Masyarakat Indonesia umumnya sangat gemar dengan rasa daging yang ada pada ikan Patin. Ikan yang masih kerabat dengan Gabus dan Lele ini terdapat 2 jenis yaitu Patin lokal yang biasa ditemukan di aliran sungai di Sumatera dan Kalimantan. Sementara jenis lainnya disebut dengan Patin Siam yang sengaja didatangkan dari Thailand. Di Indonesia sendiri para pemancing lebih senang memilih spot di sungai atau danau. Akan tetapi saat ini telah bermunculan kolam pancing yang sengaja dikhususkan untuk ikan Patin.

3 Umpan Jitu Untuk Mancing Ikan Patin di Kolam

Ikan Patin memiliki citarasa daging yang lezat dan gurih dibanding ikan Gabus dan Lele. Oleh karena itu ikan ini banyak di buru untuk dijadikan santapan andalan di restoran ataupun rumah makan. Kadar protein pada ikan ini pun juga sangat tinggi yakni mencapai 70%. Secara morfologis ikan Patin memiliki bentuk tubuh memanjang hingga 120 cm dengan ciri khas warna kulit putih mengkilap sementara dibagian punggungnya agak kebiruan.

Ikan ini tidak memiliki sisik seperti halnya ikan Lele. Di bagian ujung mulutnya terdapat dua pasang yang berfungsi sebagai alat pendeteksi makanan dan juga ketika berenang. Sedangkan pada sirip dada ikan ini ada semacam alat penyengat atau biasa disebut patil untuk melindungi dari serangan predator dan juga sebagai sarana memangsa.

Memburu ikan Patin di kolam tentu akan membutuhkan resep umpan yang dapat Anda racik sendiri. Para pemancing biasanya hanya mencoba-coba sampai menemukan komposisi umpan mana yang dikira tepat dan membawakan banyak hasil. Untuk itu, disini kami akan memberikan beberapa contoh umpan mancing ikan Patin di kolam yang cukup jitu digunakan.

Umpan Patin Kolam versi 1


Siapkah dahulu bahan-bahan yang diperlukan : 1/2 sdm pasta Jeruk Keprok, 1/2 sdm essen stroberi, 1/2 sdm pasta Pandan, 2 tetes essen susu, 2 tetes essen pala, 2 tetes essen belut, 2 tetes essen almond, 2 sdm tepung sagu dan air yang berfungsi sebagai pelarut.

Cara pembuatan : Campurkan semua bahan yang telah disediakan kemudian larutkan dengan menambahkan sedikit air sampai adonan membentuk seperti pasta.

Umpan Patin Kolam versi 2


Siapkah bahan-bahannya terlebih dahulu : 2 sdm tepung terigu, pasta stroberi sesuai selera, pasta pandan sesuai selera, 10 tetes essen Belimbing, 8 tetes essen Tenggiri, 2 ml essen Bolu, 10 tetes essen susu, 1/2 botol essen Jagung, 2 bungkus kecil vanili dan air sebagai pelarut.

Cara pembuatan : Ketika semua bahan sudah tersedia, campurkan menjadi satu dan diencerkan dengan air secukupnya sampai adonan terlihat menjadi kenyal.

Umpan Patin Kolam versi 3


Bahan-bahan yang harus disediakan adalah : 1/2 sdm pasta pandan, 10 tetes essen belut, 15 tetes essen durian, 10 tetes essen pisang, 10 tetes essen seafood, 10 tetes essen nangka, 3 sendok makan tepung sagu dan air sebagai pelarut.

Cara pembuatan : Sama halnya dengan umpan 1 dan 2, campurkan semua bahan tadi dan tambahkan air seperlunya sampai adonan menjadi seperti pasta yang kalis.

Baca juga:

Artikel Terkait

3 Umpan Jitu Untuk Mancing Ikan Patin di Kolam
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email