Senin, 16 Januari 2017

Tipe Peralatan Untuk Mancing Ikan Siakap Kolam

Tipe Peralatan Untuk Mancing Ikan Siakap Kolam - Ikan Kakap putih atau sering disebut ikan Siakap ini adalah jenis ikan air tawar yang banyak dicari oleh pemancing. Ikan yang juga dipanggil Barramundi ini memiliki nama latin Lates calcalifer yang merupakan salah satu jenis ikan dengan nilai ekonomis menengah tinggi sebagai ikan konsumsi.

Siakap mempunyai nilai toleransi yang tinggi dengan kadar garam pada perairan atau disebut Euryhaline. Ikan berukuran jumbo ini pun termasuk kategori ikan katadromous atau berbadan besar ketika di air tawar, sementara jika masa kawin ikan ini akan pindah ke laut. Oleh karena itu, ikan Siakap sangat mudah dibudidayakan baik laut, tambak dengan air tawar maupun payau.

Tipe Peralatan Untuk Mancing Ikan Siakap Kolam

Sedikit Pembahasan Tentang Siakap


Ciri-Ciri Fisik Ikan Siakap


Ikan Siakap memiliki ciri tubuh dengan sisik berukuran besar yang berwarna putih atau juga gelap, tergantung dimana letak habitatnya. Makanan favorit ikan ini adalah udang-udangan dan juga golongan mollusca seperti cacing dan keong. Tidak hanya itu, Siakap dewasa biasanya juga melahap ikan-ikan kecil sesuai dengan ukuran mulutnya. Ikan Siakap adalah ikan golongan hermaprodite yang artinya memiliki kemampuan untuk berganti kelamin dimana pada ikan jantan ketika sudah mencapai masa dewasa akan berubah menjadi betina.

Mancing Siakap Kolam


Saatnya membahas tentang memancing ikan Siakap di kolam kiloan. Saat ini, sudah banyak orang yang menyediakan kolam pemancingan ikan Siakap dengan sistem hitungan perkilo. Meskipun tarifnya agak mahal, akan tetapi bagi para pemancing sensasi bertarung melawan ikan yang satu ini tidak bisa dihitung dengan Rupiah. Umumnya ikan Siakap jika perkilonya akan dikenakan tarif sebesar Rp. 90 ribu dimana satu ekor ikan Siakap saja bisa mencapai berat 2 kilo atau bahkan bisa lebih. Meski mahal, harga tersebut tidaklah berharga dibandingkan bisa bertarung dengan ikan ini.

Tipe Peralatan Memancing Siakap


Adapun peralatan yang perlu Anda siapkan sebelum berperang dengan ikan monster kolam ini adalah joran yang panjangnya 180 sampai 210 cm, dan ingat gunakan yang bahannya terbuat dari grafit dengan karakter melengkung mulai dari tengah sampai ujungnya (untuk ukuran 2-4 kg). Masalah kailnya, Anda bisa memakai yang berbahan dari karbon dengan ukuran 3/0-7/0. Tipe reel mungkin Anda dapat menggunakan light spinning dengan maksimal 12 ball bearing. Dan kenurnya gunakan light tackle dengan tipe monofilament kelas 2 - 10 kg.

Baca juga:

Artikel Terkait

Tipe Peralatan Untuk Mancing Ikan Siakap Kolam
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email