Kamis, 19 Januari 2017

Teknik Memancing dan Jenis Umpan Ikan Siakap

Teknik Memancing dan Jenis Umpan Ikan Siakap - Ikan Kakap Putih atau terkenal dengan sebutan Siakap memang menjadi buruan para pemancing mania di berbagai daerah. Ikan dengan nama nama ilmiah Lates calcalifer ini tergolong dalam ikan predator. Habitat asli ikan Siakap ini adalah di perairan laut, akan tetapi jika masa bertelur dan kawin ikan ini akan berpindah ke sungai. Makanan kesukaan Kakap putih ini biasanya berupa ikan-ikan kecil, cacing, jangkrik, udang, serangga-serangga kecil bahkan anaknya sendiri pun terkadang juga dilahap. Berbeda dengan Siakap dewasa, Siakap muda lebih suka memangsa zooplankton.

Teknik Memancing dan Jenis Umpan Ikan Siakap

Bara Mudi Tipe


Bara Mudi memiliki nama internasional White Seabass atau Barramundi. Ikan ini memiliki panjang tubuh hingga 2 meter dengan berat 2 kuintal. Ikan ini memang menjadi target utama bagi para pemancing ketika memancing di pantai ataupun laut. Siakap yang dikelompokkan sebagai ikan katadromus (mampu hidup di air tawar, payau dan laut) ini adalah ikan hermaprodit. Siakap jantan ketika sudah meranjak dewasa kelaminnya akan berganti menjadi betina. Tak heran jika banyak pemancing yang memperoleh ikan monster ini yang berjenis kelamin betina.

Jika terdapat ranking ikan dengan daya juang paling sengit, Kakap ptih inilah juaranya. Barramundi ini mempunyai skill yang kuat untuk melawan para pemancing. Tidak hanya itu, ikan ini juga mampu melepaskan diri dari jaring para nelayan dengan cara merobeknya menggunakan duri-duri yang ada didekat insangnya. Siakap ini pun kini menjadi terget para pemancing di berbagai negara karena perlawanannya yang kuat.

Teknik Memancing Siakap yang Jitu


Setiap orang memiliki teknik tersendiri dalam mendaratkan ikan yang satu ini. Teknik memancing Siakap yang bisa dicoba ketika memancing di sungai dan dekat pantai adalah dengan menggunakan umpan berupa udang yang masih hidup dengan ngoncer. Umpan udang ini nantinya akan dipasang ke kail dibagian punggung atau ekornya, kemudian umpan udang dibiarkan berenang bebas di perairan. Ada juga beberapa pemancing yang tetap menggunakan pelampung guna untuk mengetahui umpan di sambar atau masih belum, sementara itu pemancing lain lebih senang dengan tanpa pelampung. Jika ingin ada pemberatnya, maka gunakan timah yang tipis supaya udang masih tetap bisa berenang di dalam air.

Tipikal Ikan Kakap


Tipikal ikan Siakap saat memakan umpan biasanya hampir sama dengan ikan Gabus yaitu dengan cara menyergap umpan di bawahnya kemudian memburunya sampai tertangkap. Sementara teknik memancing Siakap yang juga cukup adalah teknik casting yakni menggunakan umpan palsu, bisa menggunakan bahan lunak maupun bahan keras. Ketika umpan sudah termakan, biasanya Siakap akan berusaha sekuat daya untuk meloloskan diri dengan berenang bahkan ada juga yang sampai melompat ke udara. Inilah momen yang paling ditunggu-tunggu oleh para pemancing yang ingin akan sensasi tarikan dari ikan ini.

Kakap putih sangat mudah dikenali kehadirannya dengan memperhatikan kecipak air saat mereka memburu mangsanya di permukaan air. Selain itu, Siakap juga suka bersembunyi di dekat pohon-pohon bakau atau menanti mangsanya di belakang pohon tumbang, namun tak jarang ikan ini juga gemar berada di gundukan tanah yang menyembul dari dalam air.

Baca juga:

Artikel Terkait

Teknik Memancing dan Jenis Umpan Ikan Siakap
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email