Rabu, 18 Januari 2017

Contoh Umpan Mancing Ikan Bawal Harian Buatan Sendiri

Contoh Umpan Mancing Ikan Bawal Harian Buatan Sendiri- Ikan Bawal merupakan salah satu jenis ikan yang memiliki nafsu makan tinggi sehingga apapun bisa saja dilahapnya. Banyak di kalangan pemancing memburu ikan ini dengan menggunakan umpan kodok, usus ayam, colek, irisan daging sapi dan lain-lain. Dan jika Anda sedang memancing di kolam harian ikan Bawal, yang digunakan pun tentu akan berbeda.

Ketika Anda sedang memancing di kolam pemancingan, umpan yang kerap digunakan adalah : roti tawar tanpa kulit, kepiting sawah, jangkrik bakar, tempe, tahu, kelomang, cere, kepompong capung, anakan ikan Mas, cacing kalung, ulat daun pisang, daging keong sawah, potongan pisang, laba-laba, buah kelapa sawit, irisan buah nangka, irisan kelapa muda, potongan ikan Salmon dan masih banyak yang lain.

Contoh Umpan Mancing Ikan Bawal Harian Buatan Sendiri

Selain umpan yang sudah disebutkan diatas, kita juga bisa meracik ramuan sendiri dengan beberapa jenis "bumbu" dan juga essen. Untuk umpan ikan Bawal, essen yang digunakan biasanya menggunakan jenis aroma amis contohnya essen udang dan essen Tenggiri. Berikut adalah 2 contoh ramuan yang juga terbukti ampuh digunakan oleh para pemancing harian.

Umpan Upil Ikan Bawal


Mungkin nama umpan ini terlihat aneh di telinga Anda, biar pun begitu umpan Upil ini sudah terbukti ampuh jika masalah mendaratkan ikan Bawal. Untuk membuat resep Upil ini, siapkan dulu bahan-bahannya : 250 gram almond, 250 gram kenari, 500 gram kacang mede, 3 sdm Rombooter weijsman dan 1/2 toples kecil ovalet.

Cara pembuatan : Campurkan ketiga jenis kacang yang sudah disediakan lalu lumatkan menggunakan blender. Tambahkan Rombooter weisjman dan ovalet. Anda juga bisa menambahkan 7 tetes essen Tenggiri. Uleni sehingga adonan akan kenyal. Kemudian bentuk adonan menjadi bulatan-bulatan kecil untuk dikaitkan di kail. Untuk hasil yang maksimal, gunakan chumming menggunakan kacang tanah yang sudah disangrai setelah itu diblender. Resep Upil pun siap digunakan.

Umpan Nasi Bejek Ikan Bawal


Bahan-bahan yang harus disediakan adalah : Kantong plastik yang ukurannya 1/2 kg, lalu isi dengan nasi setengahnya saja. Perlu diketahui, saat memasukkan nasi ke dalam plastik disarankan menggunakan nasi yang masih hangat sehingga tidak lengket dan gampang dibejek. Jangan lupa juga tambahkan 1/4 bungkus santan instan dan bejek-bejek sampai menjadi halus dan tidak terlihat butiran-butiran nasi. Campurkan 7 tetes essen Tenggiri setelah itu remas-remas lagi dengan tujuan supaya essen dapat tercampur merata. Umpan nasi bejek ikan Bawal siap digunakan.

Sementara ukuran mata kail, disarankan untuk memakai nomor 6 - 7. Buatlah dengan bentuk silinder seperti bentuk pelet lalu tusukkan umpan sampai kail tidak terlihat. Jika menggunakan umpan nasi bejek, gunakan yang di dalam plastik sebab jika menggunakan nasi bejek yang sudah dilepas dikhawatirkan tercampur dengan aroma tangan sehingga ikan Bawal enggan untuk menyambarnya.

Baca juga:

Artikel Terkait

Contoh Umpan Mancing Ikan Bawal Harian Buatan Sendiri
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email